CC 201 Dari Masa ke Masa
Selasa, 07 Agustus 2018
Edit
Lokomotif CC 201 Dari Masa ke Masa
Horas!!! Apa kabar teman-teman,kembali lagi dengan Ananda Rafi Railfans yang pastinya menemani hari-hari membaca kalian seputar Kereta Api yang akan menambah wawasan,pengetahuan,informasi dan lainnya.Nahhh kali ini kita akan membahas hal nostalgia dan menarik seputar Lokomotif.Yang kali ini kita ulas adalah Lokomotif CC 201 dari masa ke masa di mana masa baktinya di sepur indonesia.
CC 201 adalah lokomotif yang memiliki kekuatan 1950 HP(Horse Power) yang di buat di Pabrik General Elektrik USA (Amerika Serikat) Lokomotif CC 201 ini sudah ada sejak tahun 1977 dengan julukan si GEU18C.Dulunya Lokomotif-lokomotif ini di kirim ke Indonesia menggunakan Kapal Laut,tapi pasti jadi pertanyaan kita bersama kan? bagaimana kenangan nostalgia si CC 201 ini dari generasi pertamanya masa ke masa hingga saat ini?
Pastinya Lokomotif ini tidak berwujud sama seperti itu saja dari dulu,ada perubahan-perubahan yang mengusik jiwa kita untuk ingin melihat livery/cat sebelumnya.Pada awalnya CC 201 ini berlivery Kuning hijau atau disebut sebagai livery PJKA,di livery ini CC 201 masih belum menggunakan Foglamp (Lampu kabut).
Pada Livery ke 2,Lokomotif CC 201 ini berubah menjadi Livery putih dan sudah mulai menggunakan Logo Z.Perlu teman-teman ketahui bahwa CC 201 ini mampu melaju 120 km/jam.Namun.. di sepur Indonesia Lokomotif ini di batasi dengan 90km/jam saja..walau begitu Lokomotif ini sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun mengangkut segala jenis K.A Mulai dari K.A Eksekutif,Bisnis,Ekonomi hingga K.A Barang seperti Kontener(petikemas),Ketel,Bahkan K.A Semen Padang.
Di Livery selanjutnya yang ke 3 Lokomotif ini berganti warna menjadi Livery Putih Biru dan sudah memakai Foglamp(lampu kabut),Kalian harus tetap ingat bahwa CC 201 ini memiliki berat 84 Ton,dengan memiliki 2 Bogie masing-masing 3 Gandar dengan keseluruhan total memiliki 6 motor traksi.
Pada Generasi Ke 2 CC 201 ada istilah perubahan bentuk dengan julukan si Loko Donal Bebek.Dengan memiliki Ciri khas kotak pasir yang lebih kecil dan kaca depan yang melebar kebawah membuatnya terlihat cebol seperti Donal Bebek.Dengan nomor loko CC 201 56 si Loko Donal Bebek ini milik Dipo Lokomotif PWT (Purwokerto).Pada Lokomotif ini ada yang memiliki Livery putih biru dan Merah.
Selanjutnya adalah Livery Putih Jingga yang hingga saat ini masih mempertahankan Livery tersebut.Di Livery ini CC 201 sudah memakai Logo PT.KAI tidak lagi Logo Z.Bahkan di tahun 2010-2011 akhirnya Loko ini mulai di pasang dengan lampu kabut (Foglamp) di penerapan Livery Putih jingga pertama ini si CC 201 Menggunakan cowcatcher berwarna hitam.Perubahan selanjutnya hingga sekarang akhirnya si CC 201 ini menggunakan CowCatcher warna merah.Sempat awal-awal CC 201 ini menggunakan cowcatcher warna merah di juluki si Loko anak SD.Dan hingga saat ini Livery CC 201 masih tetap menggunakan Livery ini dengan warna Putih jingga dan Cowcatcher Merah.
Eits! Tapi CC 201 Tidak hanya livery kuning hijau,putih,putih biru,dan putih jingga saja loh! CC 201 juga ada yang memiliki Livery Merah Biru.Bahkan ada Rehabilitas keren dari CC 201 yang memiliki hidung miring seperti CC 203 & CC 204.Lokomotif CC 201 Hidung miring ini memiliki livery berwarna merah,yang saat ini hanya ada dan menjadi ciri khasnya Divre 3 Palembang (KPT) & Divre 4 Lampung (TNK)
Ada juga CC 201 yang hasil rehabilitas dari Lokomotif BB 203 dengan cara meng upgrade menjadi CC 201.Karena memiliki bentuk dan ukuran dan komponen yang sama akhirnya BB 203 ini bisa di upgrade menjadi CC 201.Loko berlivery merah biru ga cuma dimiliki oleh si CC 201 Hidung miring aja loh teman-teman! namun di Divre 3 Palembang & Divre 4 Tanjung karang juga masih mempertahankan Livery Merah Biru ( R N B).
Pada tahun 2017 lalu sebanyak 5 unit lokomotif Livery Merah Biru asal Divre 4 dikirim ke Divre 1 Medan.Sebuah hal yang mengejutkan Balai Yasa Pulu Brayan Medan mengganti Livery si Lokomotif merah ini menjadi Livery Putih Jingga seperti CC 201 lainnya.namun! dengan memiliki Ciri Khas dengan mempertahankan Colokan Multiple Unitnya.Bahkan Lokomotif ini yang sebelumnya memang tidak menggunakan FogLamp,setelah PA dengan livery baru dari BY PUB Medan akhirnya Lokomotif unik ini menggunakan Foglamp,berlivery putih jingga dan mempertahankan Colokan Multiple Unitnya
Itulah ulasan mengenai Lokomotif CC 201 dari masa ke masa hingga saat ini.mungkin sekian saja artikel kita kali ini mengenai Lokomotif CC 201,semoga bermanfaat,menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama.. jika artikel ini membantu tetap kunjungi blog ini untukmembaca Artikel selanjutnya.tetap kunjungi website Artikel Railfans Indonesia dan pecinta Kereta Api Indonesia hanya di:
www.anandarafi.com
Youtube.com/c/AnandaRafiChannel
ig@ananda.rafi
Horas!!! Apa kabar teman-teman,kembali lagi dengan Ananda Rafi Railfans yang pastinya menemani hari-hari membaca kalian seputar Kereta Api yang akan menambah wawasan,pengetahuan,informasi dan lainnya.Nahhh kali ini kita akan membahas hal nostalgia dan menarik seputar Lokomotif.Yang kali ini kita ulas adalah Lokomotif CC 201 dari masa ke masa di mana masa baktinya di sepur indonesia.
CC 201 adalah lokomotif yang memiliki kekuatan 1950 HP(Horse Power) yang di buat di Pabrik General Elektrik USA (Amerika Serikat) Lokomotif CC 201 ini sudah ada sejak tahun 1977 dengan julukan si GEU18C.Dulunya Lokomotif-lokomotif ini di kirim ke Indonesia menggunakan Kapal Laut,tapi pasti jadi pertanyaan kita bersama kan? bagaimana kenangan nostalgia si CC 201 ini dari generasi pertamanya masa ke masa hingga saat ini?
Pastinya Lokomotif ini tidak berwujud sama seperti itu saja dari dulu,ada perubahan-perubahan yang mengusik jiwa kita untuk ingin melihat livery/cat sebelumnya.Pada awalnya CC 201 ini berlivery Kuning hijau atau disebut sebagai livery PJKA,di livery ini CC 201 masih belum menggunakan Foglamp (Lampu kabut).
Pada Livery ke 2,Lokomotif CC 201 ini berubah menjadi Livery putih dan sudah mulai menggunakan Logo Z.Perlu teman-teman ketahui bahwa CC 201 ini mampu melaju 120 km/jam.Namun.. di sepur Indonesia Lokomotif ini di batasi dengan 90km/jam saja..walau begitu Lokomotif ini sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun mengangkut segala jenis K.A Mulai dari K.A Eksekutif,Bisnis,Ekonomi hingga K.A Barang seperti Kontener(petikemas),Ketel,Bahkan K.A Semen Padang.
Di Livery selanjutnya yang ke 3 Lokomotif ini berganti warna menjadi Livery Putih Biru dan sudah memakai Foglamp(lampu kabut),Kalian harus tetap ingat bahwa CC 201 ini memiliki berat 84 Ton,dengan memiliki 2 Bogie masing-masing 3 Gandar dengan keseluruhan total memiliki 6 motor traksi.
Pada Generasi Ke 2 CC 201 ada istilah perubahan bentuk dengan julukan si Loko Donal Bebek.Dengan memiliki Ciri khas kotak pasir yang lebih kecil dan kaca depan yang melebar kebawah membuatnya terlihat cebol seperti Donal Bebek.Dengan nomor loko CC 201 56 si Loko Donal Bebek ini milik Dipo Lokomotif PWT (Purwokerto).Pada Lokomotif ini ada yang memiliki Livery putih biru dan Merah.
Selanjutnya adalah Livery Putih Jingga yang hingga saat ini masih mempertahankan Livery tersebut.Di Livery ini CC 201 sudah memakai Logo PT.KAI tidak lagi Logo Z.Bahkan di tahun 2010-2011 akhirnya Loko ini mulai di pasang dengan lampu kabut (Foglamp) di penerapan Livery Putih jingga pertama ini si CC 201 Menggunakan cowcatcher berwarna hitam.Perubahan selanjutnya hingga sekarang akhirnya si CC 201 ini menggunakan CowCatcher warna merah.Sempat awal-awal CC 201 ini menggunakan cowcatcher warna merah di juluki si Loko anak SD.Dan hingga saat ini Livery CC 201 masih tetap menggunakan Livery ini dengan warna Putih jingga dan Cowcatcher Merah.
Eits! Tapi CC 201 Tidak hanya livery kuning hijau,putih,putih biru,dan putih jingga saja loh! CC 201 juga ada yang memiliki Livery Merah Biru.Bahkan ada Rehabilitas keren dari CC 201 yang memiliki hidung miring seperti CC 203 & CC 204.Lokomotif CC 201 Hidung miring ini memiliki livery berwarna merah,yang saat ini hanya ada dan menjadi ciri khasnya Divre 3 Palembang (KPT) & Divre 4 Lampung (TNK)
Ada juga CC 201 yang hasil rehabilitas dari Lokomotif BB 203 dengan cara meng upgrade menjadi CC 201.Karena memiliki bentuk dan ukuran dan komponen yang sama akhirnya BB 203 ini bisa di upgrade menjadi CC 201.Loko berlivery merah biru ga cuma dimiliki oleh si CC 201 Hidung miring aja loh teman-teman! namun di Divre 3 Palembang & Divre 4 Tanjung karang juga masih mempertahankan Livery Merah Biru ( R N B).
Pada tahun 2017 lalu sebanyak 5 unit lokomotif Livery Merah Biru asal Divre 4 dikirim ke Divre 1 Medan.Sebuah hal yang mengejutkan Balai Yasa Pulu Brayan Medan mengganti Livery si Lokomotif merah ini menjadi Livery Putih Jingga seperti CC 201 lainnya.namun! dengan memiliki Ciri Khas dengan mempertahankan Colokan Multiple Unitnya.Bahkan Lokomotif ini yang sebelumnya memang tidak menggunakan FogLamp,setelah PA dengan livery baru dari BY PUB Medan akhirnya Lokomotif unik ini menggunakan Foglamp,berlivery putih jingga dan mempertahankan Colokan Multiple Unitnya
Itulah ulasan mengenai Lokomotif CC 201 dari masa ke masa hingga saat ini.mungkin sekian saja artikel kita kali ini mengenai Lokomotif CC 201,semoga bermanfaat,menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama.. jika artikel ini membantu tetap kunjungi blog ini untukmembaca Artikel selanjutnya.tetap kunjungi website Artikel Railfans Indonesia dan pecinta Kereta Api Indonesia hanya di:
www.anandarafi.com
Youtube.com/c/AnandaRafiChannel
ig@ananda.rafi